Make Your Dream Come True

Monday, July 20, 2009

Hubungan Antara Page Rank, Alexa Rank dan SEO

Saya akan mencoba menarik kesimpulan dari apa yang selama ini saya pelajari tentang ketiga hal tersebut, yaitu Page Rank, Alexa Rank dan SEO.

Page Rank adalah nilai yang diberikan oleh Google dengan angka dari 0 s.d 10, kepada setiap halaman situs web kita. Nilai ini menunjukkan seberapa penting nilai web kita di bandingkan dengan yang lain. Semakin besar nilai yang kita dapatkan, semakin bagus pula hasilnya terhadap pencarian di Search Engine. Salah satu faktor penentu dari penghitungan nilai Page Rank adalah jumlah link yang menuju kepada halaman website.

Alexa Rank adalah nilai yang diberikan oleh Alexa yang dihitung berdasarkan jumlah kunjungan dan page view terhadap website kita, dari seluruh website yang menginstal alexa toolbar. Nilai Alexa yang semakin kecil semakin baik, karena menunjukkan tingginya trafik dan page view yang didapatkan oleh website tersebut. Faktor penentu Alexa Rank adalah jumlah kunjungan dan page view yang didapatkan oleh website kita.

SEO singkatan dari Search Engine Optimization. SEO bisa diartikan berbagai upaya atau cara untuk bisa memperoleh hasil pencarian tertinggi dengan menggunakan kata kunci [keyword] tertentu di search engine. Salah satu faktor penentu dalam SEO adalah nilai Page Rank dari sebuah website.

Jadi, menurut saya, ketiga hal tersebut [Page Rank, Alexa Rank dan SEO] saling berkaitan satu sama lainnya.

Yang pertama adalah Page Rank. Bagaimana caranya agar kita mendapatkan nilai Page Rank yang tinggi? Sesuai dengan pengalaman saya, intinya adalah content is the king. Tulislah setuatu yang dibutuhkan orang. Atau yang disukai orang. Atau sesuatu yang sangat Anda kuasai. Buat orang lain membaca tulisan Anda dan terkagum-kagum oleh karenanya. Mengapa? Karena orang lain bisa dengan ‘sukarela’ me-link kepada website/blog Anda. Link adalah modal utama yang akan menjadikan blog Anda dianggap ’lebih penting’ daripada blog yang lainnya. Semakin banyak blog lain me-link ke blog Anda, apalagi jika di-link oleh blog dengan Page Rank tinggi, maka akan semakin tinggi pula Page Rank yang Anda dapatkan.

Yang kedua adalah Alexa Rank. Syarat agar nilai Alexa Rank Anda semakin bagus adalah trafik yang tinggi menuju ke blog Anda, dan Anda mendapatkanpage view yang tinggi dari pengunjung tersebut. Bagaimana bisa mendatangkan trafik yang tinggi ke blog kita? Nah salah satu yang harus Anda kuasai adalah ilmu SEO. Bagaimana caranya supaya tulisan yang kita buat, terindeks oleh mesin pencari dan menempati posisi teratas untuk kata kunci [keyword] yang Anda gunakan. Buatlah search engine secara otomatis mendatangkan trafik menuju blog kita. Selain itu, jangan lupa display ’jualan Anda’. Seperti yang saya lakukan di sidebar blog ini. Ada 15 recent post yang saya tawarkan. Kenapa tidak 5 saja? Saya menyiapkan kepada para pengunjung dan pembaca blog ini berbagai topik yang ’mungkin mereka butuhkan’. Dan beberapa kali berhasil. Terbukti, tidak sedikit pengunjung berkomentar pada lebih dari satu postingan. Artinya, page view blog saya lumayan tinggi. Saya menduga, meskipun blog ini belum dikunjungi oleh ribuan orang per hari [data saya sekitar 200an unique visitor], tetapi karena angka page view-nya lumayan tinggi, maka nilai Alexa Rank pun menjadi makin bagus.

Dan yang terakhir adalah SEO. Bagaimana kita mengoptimasi kata kunci yang kita gunakan sehingga mampu bersaing dengan tulisan orang lain yang menggunakan kata kunci yang sama? Berdasarkan yang saya pelajari dari para Master, salah satu yang paling berpengaruh dalam menentukan rangking pencarian di Search Engine adalah nilai Page Rank yang kita miliki. Nah Loh!
Sebagai gambaran, ketika kita hendak menulis tentang keyword tertentu dan melakukan analisa terhadap para pesaing, yang wajib diperhatikan adalah Page Rank berapakah blog yang memperoleh hasil nomer satu di search engine. Jika angkanya 4 ke atas dan kita lebih kecil dari itu, maka tipis kemungkinan kita dapat mengalahkan blog tersebut. Mengapa? Search engine akan mengurutkan hasil pencarian berdasarkan seberapa penting halaman tersebut dimatanya. PR 4 dianggap 5 kali lebih penting dari pada Page Rank 3. Page Rank 5 dianggap 25 kali lebih penting dari pada PR 3!

Bukankah ketiga hal tersebut menjadi berhubungan satu dengan yang lainnya? Ilmu SEO untuk mendapatkan posisi terbaik di search engine memerlukan Page Rank sebagai modal. Dengan SEO yang baik maka trafik yang tinggi akan kita dapatkan, nilai Alexa Rank kita semakin bagus.

Disclaimer: postingan ini adalah hasil belajar dari sana-sini dan belum tentu merupakan sumber ilmu yang layak untuk diikuti, baik sebagian maupun seluruhnya. Gunakan secara bijaksana, dengan memakai perbandingan berbagai sumber yang lainnya. CMIIW...

Referensi dari : http://isnuansa.com/hubungan-antara-page-rank-alexa-rank-dan-seo/

No comments:

Make Your Money to Easy

Get Your Money Start Now: Do you want $1000 Click Here:

Your Money Sell Link with By Test Link

Buy and sell Text Links