Make Your Dream Come True

Sunday, July 19, 2009

Pengaruh jumlah halaman terhadap google pagerank

Tulisan ini masih merupakan lanjutan dari tulisan-tulisan tentang google pagerank sebelumnya. Dimana algoritma pagerank memiliki pengaruh terhadap beberapa aspek dalam website yang kita buat. Yang akan saya coba bahas kali ini adalah pengaruh dari jumlah halaman dari sebuah website terhadap google pagerank.
Sebelumnya kembali perlu diperhatikan adalah, pagerank ditentukan untuk setiap halaman akumulasi pagerank berbanding lurus dengan jumlah halaman (dengan catatan website tidak mendapat kontibusi ke/dari halaman lain). Kenapa saya bold dan underline? karena ini variabel penting dari pengaruh konsep jumlah halaman ini dan akan dijelaskan di bawah.

Dari sini dapat disimpulkan setiap penambahan halaman juga akan menambah akumulasi pagerank website tersebut. Untuk nilai per-halaman (bukan akumulasi pagerank) sangat ditentukan oleh struktur link website tersebut.
Contohnya, misalnya struktur hirarki, yang membuat halaman yang paling dalammemiliki link ke halaman diatasnya atau halaman index, sedangkan halaman index tidak memiliki link langsung ke halaman pada hirarki paling dalam, maka google pagerank tertinggi dari website tersebut dapat dipastikan adalah halaman index. Dan secara otomotis halaman dalam hirarki yang paling dalam akan memiliki pagerank yang paling rendah.. (struktur ini baik jika anda bisa dan hanya butuh mengoptimasi halaman index anda)

Kembali pada poin yang digaris-bawahi di atas, sebuah situs, (apalagi yang dalam proses optimasi) sudah pasti sangat membutuhkan ibound link dari situs lain untuk meningkatkan pagerank. Kontribusi pagerank dari inbound link ini akan didistribusikan ke semua halaman web yang anda miliki yang besaran yang didapat tiap halaman kembali ditentukan struktur link website.
Secara kasarnya jika kita mendapat kontribusi dari inbound link sebesar 1 pagerank, nilai itu akan dibagi kesemua halaman website kita, bukan hanya halaman yang menerima inbound link. Dari sini juga dapat kita lihat, setiap penambahan jumlah halaman, akan memperbesar faktor pembagi tersebut. Penurunan kontribusi pagerank dari inbound link berbanding lurus dengan jumlah halaman yang kita tambahkan.

Dengan ini, jangan salah diasumsikan untuk tidak menambahkan halaman website bisnis anda, atau menambah posting pada blog anda. Karena sebuah wesite yang fresh, sering diupdate juga disenangi oleh search engine.
Solusinya adalah, setiap penambahan halaman pada website anda harus juga diusahakan penambahan baclink ke situs anda.
Semakin besar website yang anda miliki semakin banyak backlink yang ada perlukan agar keseluruhan halaman website anda memiliki pagerank yang merata (tidak hanya index yang memiliki pagerank tinggi tetapi halaman lain pagerank-nya sangat rendah).

Googling & Nge-Bing Bareng Yuks!!


bing-vs-google

Saya yakin sobat-sobat semua sudah mengetahui tentang bing. Yup, search engine terbaru dariMicrosoft ini, diklaim mampu menghadirkan hasil pencarian yang lebih komprehensif, tepat sasaran dan tidak melulu.. berputar-putar dengan link-link url yang seperti biasa kita jumpai di Google.. (katanya Microsoft lho.. >_<)

Dominasi google yang sangat superior, dikabarkan sangat mengusik Microsoft.. sang raksasa software ini.

Maka, dengan diluncurkannya bing ini, sekaligus menandai pula misi “rahasia” penenggelaman google yang berbiaya jutaan dollar ini.

Disisi lain, bagi kita (saya).. google sepertinya sudah sangat mendarah daging, hampir disemua kegiatan “searching” kita diinternet.. mulai dari urusan nge-blog, mencari mp3 atau software gratis dll.. goggle seperti tidak bisa terpisahkan.. umh..

Lanjut.. agak susah memang kalau sudah datang yang namanya membandingkan.. masing-masing pihak saling mengklaim sebagai yang terbaik dengan berbagai keunggulan masing-masing.. tapi, kita (saya) sebagai user pastinya akan sangat diuntungkan dengan adanya pilihan yang semakin beragam ini.

Tinggal dipilih mana yang sesuai kebutuhan dan yang mana paling “sreg” (baca: menguntungkan) pastinya.. ^_^

Sudah-kah mencoa membandingkan antara ke2 (dua) nya??

Nah, bingandgoogle.com akan mempermudah sobat untuk mencoba membandingkan atau mungkin hanya sekedar bereksperimen dengan 2 (dua) search engine ini.

bingandgoogle-markumfuadi

Dengan kotak pencarian yang simple.. dan tampilan layar hasil pencarian yang terbagi menjadi 2 bagian (kolom) secara vertikal, masing-masing untuk bing dan google.. serta kedua kolom yang benar-benar menawarkan fungsi penuh dari kedua search engine tersebut, baik pencarian web, gambar maupun video.. benar-benar semakin mempercantik graphical dari bingandgoogle ini bukan?? ..that’s why.. Bingandgoogle saya anggap mampu memanjakan kita (saya) sebagai penikmat internet.

Soo.. mulai sekarang, gak perlu repot tuk berpindah tab ataupun window hanya untuk sekedar membandingkan hasil pencarian bukan??

Googling’s and nge-Bling’s!!

Selamat mencoba!!

Lebih penting Page Rank Ataukah Alexa Rank?


page rank vs alexa rankSejauh yang saya ketahui, blog tidak bisa dipisahkan dari page rank dan alexa rank. Page rank merupakan ukuran kepopuleran suatu blog yang diberikan oleh Google, adapun alexa rank adalah ranking trafik (jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat) yang diberikan oleh alexa.com. Pertanyaan yang sering saya ajukan pada diri sendiri adalah lebih penting mana: page rank atau alexa rank?

Setelah mengamati beberapa blog termasuk blog milik blogger top seperti Yaro Starak, Dosh Dosh, Caroline Middlebrook, dan John Chow, saya berpendapat bahwa alexa rank lebih penting dibanding Page Rank. Mengapa?

Alasan saya sebagai berikut:

1. Alexa rank menentukan jumlah penghasilan seorang blogger. Semakin bagus nilai alexa suatu blog (di bawah 50,000), makin banyak pengiklan yang memasang iklan.

2. Alexa rank menunjukkan keaktifan seorang blogger. Semakin aktif dia meng-up date dan berinteraksi dengan blogger lain, semakin bagus juga nilai alexa-nya. Saya beberapa kali melihat blog ber-PR 3, namun postingan terakhirnya setahun yang lalu.

Atas dasar dua alasan itulah, target 6 bulan pertama saya adalah menaikkan nilai alexa di bawah 100 ribu. Harapannya dengan nilai alexa di bawah 100 ribu, saya bisa memonetisasi blog ini dengan afiliasi atau adsense sehingga bisa menjadi sumber penghasilan pasif bagi saya. Btw, Bagaimana menurut Anda, lebih penting page rank ataukah Alexa rank? Mohon sharing pendapat dengan menuliskannya di kolom komentar di bawah. Happy blogging buat semuanya :D

Sedikit Tentang Google Page Rank


google-pagerank

Karena masih semangat dengan yang namanya belajar Google Page Rank, soo postingan kali ini juga masih gak jauh-jauh bakal ngebahas sedikit tentangGoogle Page Rank (PR).

Seperti yang sudah sobat ketahui, yang namanya Rank/ranking adalah ;

sebuah nilai yang menentukan tingkat pentingnya sebuah website atau blog, baik di mata user maupun di mata sebuah search engine. Google adalah search engine besar yang mempergunakan teknologi Page Rank untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik.

PR, istilah Page Rank, sering disingkat dengan PR, dikenalkan oleh Google dan saat ini menjadi trade mark search engine yang satu ini.

Dilihat dari istilah yang dipakai, Page Rank tidak hanya memberi nilai mutu kepada index page anda di www.blog-sobat.com, tapi juga masuk pada masing-masing halaman yang ada di blog anda. Itu berarti, postingan sobat pun mendapat nilai tersendiri.

Jadi jangan heran jika sebuah halaman postingan sobat mempunyai PR yang lebih tinggi daripada index page blog anda (padahal mah sebenernya bingung abiss.. ASLI!!).

Katanya, untuk ngebangun PR sobat perlu link. Ya, link bener-bener jadi dewa kali ini.

Si Google, si search engine besar ini, menganggap penting sebuah situs/blog — misalkan saja blog A– ketika banyak blog lainnya memberikan link yang mengarah ke blog A tersebut.

Contoh, blog A mempunyai banyak backlink. Semakin banyak backlink, semakin besar pula kemungkinan Google akan memberi Page Rank yang tinggi.

Dan katanya lagi, Google membagi page rank dalam 12 level. Dimulai dari No page rank, page rank 0, page rank 1, sampai yang paling tinggi : page rank 10.

Coba lihat ilustrasi dibawah ;

googlepagerank

Ok, anggap aja semua smiley adalah situs-situs yang bertebaran di dunia web. Smiley paling besar yang berwarna kuning adalah Google.

Semua situs memberikan link ke Google, dan inilah yang menyebabkan Google menjadi semakin besar dan mempunyai page rank yang semakin tinggi. Smiley hijau yang agak kecil adalah situs-situs baru yang belum sama sekali mempunyai backlink, sehingga mereka ini belum ber-page rank.

Smiley besar yang kuning, Google, memberikan link ke smiley merah. Smiley merah ini adalah situs yang tidak mempunyai backlink dari situs lain. Meskipun begitu, situs ini tetap memiliki page rank yang lebih tinggi karena mempunyai backlink dari sebuah situs yang ber-page rank sangat tinggi.

Lanjut ke Smiley berwarna biru, dia mempunyai page rank yang relatif tinggi karena banyaknya situs, baik yang belum ber-PR maupun sudah ber-PR, yang memberi link kepadanya. Ketika dia memberikan link ke situs yang lain, maka situs yang di-link pun akan memperoleh kesempatan untuk ber-PR lebih tinggi. Hal ini terjadi pada image smiley berwarna merah dan hijau yang ditunjuk oleh smiley biru.

Nah, tadi itu sekedar sedikit informasi tentang dasar Google page rank. Kalau sobat bingung.. umh, terus terang saya juga.. maklum, karena masih bener2 newbie yang baru belajar.. wong PR blog ini aja masih 0 kok.. hehehe..

Tapi lumayan kan bisa menambah referensi mengenai Google Page

Kalau sobat ingin tahu berapa Page Rank sebuah situs/blog.. sobat bisa gunakan PRchecker tools.. cara penggunaannya cukup gampang.. tinggal masukkan URl situs/blog.. dan dalam hitungan detik.. PR akan muncul.

Oia, sobat juga harus tahu, mempunyai page rank yang tinggi tidak berarti bahwa sebuah situs/blog itu lebih baik. Karena hare gene (baca ; hari gini) seseorang bisa menggunakan uangnya untuk memperoleh banyak link sehingga mendapat PR yang tinggi.. umh..

Tapi memang, Google Page Rank masih menjadi dewa untuk berbisnis online dan semacamnya.

Nah, katanya lagi, di dunia per-blogging-an (hwalah!!), yang paling penting adalah menghasilkan postingan yang focus dan menjaga blog anda agar tetap berkualitas. Jika sudah demikian, page rank akan naik dengan sendirinya.

Yuks mari berdoa & berusaha supaya PR blog kita naik.. Amiiieeennn.

Pengantar Google Pagerank

PageRank adalah metode Google dalam mengukur seberapa pentingnya situs Anda untuk orang lain. Semakin tinggi nilai PageRank Anda menunjukan situs Anda sangat bermanfaat untuk orang lain dan dapat tampil pada posisi yang semakin baik di Google search. Pengukuran PageRank adalah 1 sampai 10 dengan nilai 10 sebagai yang terbaik.

Google melakukan susunan hasil pencariannya dengan metode sebagai berikut:

  1. Menemukan semua situs yang sesuai dengan keyword Anda.
  2. Disusun menurut faktor di halaman Anda, seperti keyword density, meta tag dan lainnya.
  3. Menyesuaikan hasil pencarian dengan posisi yang sesuai dengan PageRank-nya.

Sehingga kita bisa melihat PageRank sebagai unsur pengali (multiplier) pada hasil pencarian di Google. Sehingga bila Anda memiliki PageRank 0 (nol) maka situs Anda akan ditampilkan di akhir hasil pencarian bersama situs lain yang juga memiliki PageRank 0.

Teori dasar PageRank adalah menghitung banyaknya link menuju situs Anda. Dengan prinsip yang sederhana seperti page A melakukan link pada page B sehingga page A mengatakan page B itu sangat bermanfaat atau penting untuk dikunjungi. Dan sifat penunjuk ini bersifat turunan, artinya bila page A ditunjuk oleh page B yang PageRank-nya tinggi, maka semua page yang ditunjuk page A pun ikut menjadi penting atau lebih bermanfaat menurut Google.

Anda bisa mengetahui PageRank Anda melalui http://www.citywebindo.com/detective/ untuk mengukur tingkat manfaat situs Anda menurut Google.

Mengukur dengan Cityweb Detective
Cityweb Detective tidak sepenuhnya menunjukan PageRank Anda dengan akurat. Namun Cityweb Detective adalah alat yang tepat untuk Anda mengetahui PageRank Anda saat ini. Sebab kalkulasi PageRank di engine sebenarnya adalah 0.00000001 - ~ (tak terhingga). Sehingga berikut ini adalah estimasi PageRank yang ditunjukkan oleh Cityweb Detective:

Begitu pula cara perhitungan di Google directory ataupun Google toolbar juga memiliki kelemahan yang sama dalam mengukur akurasi pagerank Anda. Walaupun banyak orang berusaha meningkatkan akurasi pengukuran, namun hal itu sulit karena Google memiliki hak untuk melindungi datanya agar tidak dapat diperoleh oleh pesaingnya.

PageRank sebagai unsur kualitas
Faktor kunci dalam search engine pada umumnya adalah meta tag halaman Anda. Namun karena mudahnya meta tag dimodifikasi oleh webmaster sehingga sering kali mengacaukan hasil pencarian Google, dimana hasil pencarian Google menjadi tidak relevan dengan keinginan pencarinya. Sehingga Google berusaha untuk menjaga kualitasnya dengan menggunakan PageRank sebagai indikator halaman Anda, dimana hal ini akan sulit dimodifikasi oleh para webmaster.

Saat ini banyak sekali webmaster yang berusaha untuk mendapatkan link dari luar menuju situsnya dengan harapan mendapatkan posisi PageRank lebih baik. Namun hal itu tanpa mempertimbangkan kualitas situs yang melakukan link menuju situsnya. Hal ini bisa menjadi petaka. Sebab link yang terlalu banyak dari situs yang tidak berkualitas akan berakibat menghancurkan PageRank Anda sendiri.

Sebaliknya mendapatkan link dari situs-situs yang telah memiliki PageRank tinggi sebelumnya, dan memiliki kategori situs yang mirip dengan Anda itu akan sangat membantu PageRank Anda. Jadi perhatikan link yang Anda dapatkan dari orang lain.

Menghitung nilai situs Anda
Nilai akhir situs Anda diperoleh dari rumus berikut:

Final Score = (score for non-page rank factors) x (actual pagerank)

Sehingga apabila situs Anda memiliki PageRank yang sangat tinggi namun nilai faktor lain dalam situs Anda adalah 0, maka nilai Anda akan tetap 0 (nol). Faktor lain dalam Google tergantung dari keyword yang dipakai, meta tags, title dan lain sebagainya sebagai unsur penting dalam mengukur relevansi kata kunci dengan situs Anda.

Pada umumnya Google hanya melakukan query pada 1000 page yang memiliki nilai akhir tertinggi. Sehingga bila Anda belum termasuk didalamnya, hampir tidak mungkin Anda ikut tertampil dalam hasil pencarian Google pada keyword yang Anda mau.

PageRank Anda dihitung dengan algoritma sebagai berikut ini:

PR(A) = (1-d) + d ( PR(T1)/C(T1) + ... + PR(Tn)/C(Tn) )

PR(A) = PageRank page A
d = dampering factor, normalnya 0.85

PR(Tn) = PageRank page yang link ke page A
C(Tn) = jumlah link dari page tersebut

n = 1 ... ~ (sebanyak jumlah page yang link ke page A)

Sehingga kita bisa melihat setiap link menuju Anda bisa diasumsikan sebagai hak suara dalam pemilu, dimana setiap orang memiliki satu hak suara saja. Bila semakin banyak Anda menggunakan hak suara tersebut maka hak suara Anda akan dibagi secara proporsional. Jadi dengan satu hak suara Anda bagi menjadi 2 link, maka kekuatan suara Anda menjadi masing-masing 0.5 saja.

Contoh:

Page A -> Page B dan Page C

Page A memiliki PageRank 0.8 (aktual PageRank)
Page B memiliki PageRank 1 (aktual PageRank)
Page C memiliki PageRank 0.9 (aktual PageRank)

Setelah page A melakukan link pada B dan C maka perhitungan kenaikan page B dan C dihitung dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kalikan dampering factor (0.85) pada PageRank pemberi (page A)

    0.8 * 0.85 = 0.68
  2. Bagikan nilai tersebut dengan banyaknya link keluar

    Karena page A link ke 2 page (B & C), maka masing-masing mendapatkan:
    0.68 / 2 = 0.34
  3. Jumlahkan tambahan dengan PageRank lama

    PageRank B menjadi 1 + 0.34 = 1.34
    PageRank C menjadi 0.9 + 0.34 = 1.24

Pada kenyataannya situs Anda memiliki link yang sangat besar sekali jumlahnya. Dampering factor dimanfaatkan Google sebagai faktor pengontrol. Sehingga apabila Anda diketahui melakukan kecurangan dalam mengoptimalkan situs Anda, maka Anda bisa dihapus dengan cara membuat dampering factor Anda menjadi 0, baik dari luar maupun dalam. Sehingga Anda tidak memiliki kekuatan menyumbang ataupun mendapatkan sumbangan PageRank dari situs lainnya lagi.

Referensi

Demikian tulisan singkat mengenai pengenalan Google PageRank. Semoga berguna bagi Anda semuanya.

Terima kasih.

Tips Cara Cepat dan Tepat Menaikkan Page Rank Alexa


alexa

Blog kita ingin berada di posisi puncak atau setidaknya mendapatkan page rank yang cukup baik di alexa? Sekedar diketahui, google dan alexa punya sendiri teknik dalam menempatkan blog pada posisi page rank, bedanya jika google page ranknya hanya 1-10 tapi alexa bisa satu sampai jutaan. Kenapa penting juga untuk mendapatkan posisi terbaik di alexa page rank? lasan yang logis adalah bahwa hampir semua paid review mensyaratkan peringkat dari alexa.com disamping page rank google. Serta berbagai sumber rupiah di indonesia dan sumber dollar di dunia mengharuskannya dengan berbagai syarat passing grade alexa yang berbeda-beda, seperti yang dikutip dari kapanpun.com

Untuk mendapatkan pengakuan dari Alexa, bahwa kita juga ingin mendapatkan predikat baik dengan mendapatkan page rank yang baik, ada beberapa tips yang bisa cepat dan tepat untuk mendapatkan atau menaikkan posisi page rank kita di alexa. Tips- Tips tersebut adalah sebagai berikut :

1. Memasang Widget alexa pada situs blog anda
Widget alexa ialah perangkat tambahan untuk melihat secara cepat peringkat blog anda, tanpa perlu mengunjungi website pemberi rangking tersebut. Cara memasang widget alexa di blogger / blogspot sangat mudah anda tinggal mengikuti petunjuk yang telah disediakan.

2. Meninggalkan Link kita di Blog Orang lain dengan Rajin Komentar
Hal yang sangat menarik untuk menaikkan peringkat alexa adalah menjadi komentator di blog teman-teman. Mungkin ini merupakan hal yang cukup mudah dikarenakan sudah menjadi kebiasaan para komentariat memberikan tanggapan di blog rekan-rekan, tetapi berkomentar adalah perkara gampang tetapi sering diabaikan. Mungkin dikarenakan kesibukan di dunia nyata, dunia lain, juga sibuk berbenah dengan blog selingkuhan. Komentar di blog orang lain selain sebagai iklan gratis juga untuk mendapatkan link balik dari blog dofollow maupun sebagai jalan mendapatkan alexa rangking terbaik.

Rajin melakukan pembaharuan di blog melalui postingan sangat membantu blog anda untuk tetap menyajikan informasi baru kepada para penikmat blog anda. Sering melakukan update juga tidak terlalu baik dikarenakan pengunjung akan merasa keteteran mengikuti perkembangan blog anda waktu terbaik melakukan posting adalah hari kamis dan sabtu, atau tiga sampai empat kali dalam seminggu. Tidak melakukan update juga sama halnya dengan sering melakukan update.

4. Rajin blog walking
Dengan Blog walking, dan kita meninggalkan jejak di blog-blog yang kita kunjungi dapat berujung pada kenaikan page rank blog kita di alexa. Selain itu kita juga akan dapat mengetahui perkembangan teman-teman kita sesama blogger.

5. Exchange Links (tukaran link)
Ini metode yang lumayan ampuh. Apakah anda pernah melihat sebuah site yang exist tanpa satupun link yang bercokol di halaman maupun posting site tersebut? Kebanyakan webmaster menyarankan untuk melakukan tukaran link dengan blog lain, seperti yang pernah saya tulis mengenai bagaimana sebenarnya cara bertukaran link yang baik. Anda akan merasakan dan melihat efek dari traffic rank alexa serta pengunjung blog anda dari blog yang lain lewat link exchage. Menurut pendapat saya, bahwa akan lebih manjur jika anda melakukan tukaran link yang kontent serta isinya mirip-mirip dengan situs anda.

6. Install Toolbar Alexa di Browser Anda
Menurut pengalaman saya memasang alexa toolbar di komputer membuat blog kapanpun bertambah usia, jumlah alexanya semakin berkurang. Fungsi dari tollbar alexa ini, selain untuk menaikkan traffic ranking di alexa juga sebagai spy tool untuk melihat dan menganalisis kehebatan blog lain. Saat anda meng-install alexa toolbar di browser anda, pada pojok kanan bawah layar anda akan menemukan peringkat dari situs yang anda kunjungi. Inilah salah satu kehebatan toolbar alexa.

Make Your Money to Easy

Get Your Money Start Now: Do you want $1000 Click Here:

Your Money Sell Link with By Test Link

Buy and sell Text Links