Make Your Dream Come True

Sunday, July 19, 2009

Pengantar Google Pagerank

PageRank adalah metode Google dalam mengukur seberapa pentingnya situs Anda untuk orang lain. Semakin tinggi nilai PageRank Anda menunjukan situs Anda sangat bermanfaat untuk orang lain dan dapat tampil pada posisi yang semakin baik di Google search. Pengukuran PageRank adalah 1 sampai 10 dengan nilai 10 sebagai yang terbaik.

Google melakukan susunan hasil pencariannya dengan metode sebagai berikut:

  1. Menemukan semua situs yang sesuai dengan keyword Anda.
  2. Disusun menurut faktor di halaman Anda, seperti keyword density, meta tag dan lainnya.
  3. Menyesuaikan hasil pencarian dengan posisi yang sesuai dengan PageRank-nya.

Sehingga kita bisa melihat PageRank sebagai unsur pengali (multiplier) pada hasil pencarian di Google. Sehingga bila Anda memiliki PageRank 0 (nol) maka situs Anda akan ditampilkan di akhir hasil pencarian bersama situs lain yang juga memiliki PageRank 0.

Teori dasar PageRank adalah menghitung banyaknya link menuju situs Anda. Dengan prinsip yang sederhana seperti page A melakukan link pada page B sehingga page A mengatakan page B itu sangat bermanfaat atau penting untuk dikunjungi. Dan sifat penunjuk ini bersifat turunan, artinya bila page A ditunjuk oleh page B yang PageRank-nya tinggi, maka semua page yang ditunjuk page A pun ikut menjadi penting atau lebih bermanfaat menurut Google.

Anda bisa mengetahui PageRank Anda melalui http://www.citywebindo.com/detective/ untuk mengukur tingkat manfaat situs Anda menurut Google.

Mengukur dengan Cityweb Detective
Cityweb Detective tidak sepenuhnya menunjukan PageRank Anda dengan akurat. Namun Cityweb Detective adalah alat yang tepat untuk Anda mengetahui PageRank Anda saat ini. Sebab kalkulasi PageRank di engine sebenarnya adalah 0.00000001 - ~ (tak terhingga). Sehingga berikut ini adalah estimasi PageRank yang ditunjukkan oleh Cityweb Detective:

Begitu pula cara perhitungan di Google directory ataupun Google toolbar juga memiliki kelemahan yang sama dalam mengukur akurasi pagerank Anda. Walaupun banyak orang berusaha meningkatkan akurasi pengukuran, namun hal itu sulit karena Google memiliki hak untuk melindungi datanya agar tidak dapat diperoleh oleh pesaingnya.

PageRank sebagai unsur kualitas
Faktor kunci dalam search engine pada umumnya adalah meta tag halaman Anda. Namun karena mudahnya meta tag dimodifikasi oleh webmaster sehingga sering kali mengacaukan hasil pencarian Google, dimana hasil pencarian Google menjadi tidak relevan dengan keinginan pencarinya. Sehingga Google berusaha untuk menjaga kualitasnya dengan menggunakan PageRank sebagai indikator halaman Anda, dimana hal ini akan sulit dimodifikasi oleh para webmaster.

Saat ini banyak sekali webmaster yang berusaha untuk mendapatkan link dari luar menuju situsnya dengan harapan mendapatkan posisi PageRank lebih baik. Namun hal itu tanpa mempertimbangkan kualitas situs yang melakukan link menuju situsnya. Hal ini bisa menjadi petaka. Sebab link yang terlalu banyak dari situs yang tidak berkualitas akan berakibat menghancurkan PageRank Anda sendiri.

Sebaliknya mendapatkan link dari situs-situs yang telah memiliki PageRank tinggi sebelumnya, dan memiliki kategori situs yang mirip dengan Anda itu akan sangat membantu PageRank Anda. Jadi perhatikan link yang Anda dapatkan dari orang lain.

Menghitung nilai situs Anda
Nilai akhir situs Anda diperoleh dari rumus berikut:

Final Score = (score for non-page rank factors) x (actual pagerank)

Sehingga apabila situs Anda memiliki PageRank yang sangat tinggi namun nilai faktor lain dalam situs Anda adalah 0, maka nilai Anda akan tetap 0 (nol). Faktor lain dalam Google tergantung dari keyword yang dipakai, meta tags, title dan lain sebagainya sebagai unsur penting dalam mengukur relevansi kata kunci dengan situs Anda.

Pada umumnya Google hanya melakukan query pada 1000 page yang memiliki nilai akhir tertinggi. Sehingga bila Anda belum termasuk didalamnya, hampir tidak mungkin Anda ikut tertampil dalam hasil pencarian Google pada keyword yang Anda mau.

PageRank Anda dihitung dengan algoritma sebagai berikut ini:

PR(A) = (1-d) + d ( PR(T1)/C(T1) + ... + PR(Tn)/C(Tn) )

PR(A) = PageRank page A
d = dampering factor, normalnya 0.85

PR(Tn) = PageRank page yang link ke page A
C(Tn) = jumlah link dari page tersebut

n = 1 ... ~ (sebanyak jumlah page yang link ke page A)

Sehingga kita bisa melihat setiap link menuju Anda bisa diasumsikan sebagai hak suara dalam pemilu, dimana setiap orang memiliki satu hak suara saja. Bila semakin banyak Anda menggunakan hak suara tersebut maka hak suara Anda akan dibagi secara proporsional. Jadi dengan satu hak suara Anda bagi menjadi 2 link, maka kekuatan suara Anda menjadi masing-masing 0.5 saja.

Contoh:

Page A -> Page B dan Page C

Page A memiliki PageRank 0.8 (aktual PageRank)
Page B memiliki PageRank 1 (aktual PageRank)
Page C memiliki PageRank 0.9 (aktual PageRank)

Setelah page A melakukan link pada B dan C maka perhitungan kenaikan page B dan C dihitung dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Kalikan dampering factor (0.85) pada PageRank pemberi (page A)

    0.8 * 0.85 = 0.68
  2. Bagikan nilai tersebut dengan banyaknya link keluar

    Karena page A link ke 2 page (B & C), maka masing-masing mendapatkan:
    0.68 / 2 = 0.34
  3. Jumlahkan tambahan dengan PageRank lama

    PageRank B menjadi 1 + 0.34 = 1.34
    PageRank C menjadi 0.9 + 0.34 = 1.24

Pada kenyataannya situs Anda memiliki link yang sangat besar sekali jumlahnya. Dampering factor dimanfaatkan Google sebagai faktor pengontrol. Sehingga apabila Anda diketahui melakukan kecurangan dalam mengoptimalkan situs Anda, maka Anda bisa dihapus dengan cara membuat dampering factor Anda menjadi 0, baik dari luar maupun dalam. Sehingga Anda tidak memiliki kekuatan menyumbang ataupun mendapatkan sumbangan PageRank dari situs lainnya lagi.

Referensi

Demikian tulisan singkat mengenai pengenalan Google PageRank. Semoga berguna bagi Anda semuanya.

Terima kasih.

No comments:

Make Your Money to Easy

Get Your Money Start Now: Do you want $1000 Click Here:

Your Money Sell Link with By Test Link

Buy and sell Text Links