Make Your Dream Come True

Sunday, July 19, 2009

Sedikit Tentang Google Page Rank


google-pagerank

Karena masih semangat dengan yang namanya belajar Google Page Rank, soo postingan kali ini juga masih gak jauh-jauh bakal ngebahas sedikit tentangGoogle Page Rank (PR).

Seperti yang sudah sobat ketahui, yang namanya Rank/ranking adalah ;

sebuah nilai yang menentukan tingkat pentingnya sebuah website atau blog, baik di mata user maupun di mata sebuah search engine. Google adalah search engine besar yang mempergunakan teknologi Page Rank untuk menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik.

PR, istilah Page Rank, sering disingkat dengan PR, dikenalkan oleh Google dan saat ini menjadi trade mark search engine yang satu ini.

Dilihat dari istilah yang dipakai, Page Rank tidak hanya memberi nilai mutu kepada index page anda di www.blog-sobat.com, tapi juga masuk pada masing-masing halaman yang ada di blog anda. Itu berarti, postingan sobat pun mendapat nilai tersendiri.

Jadi jangan heran jika sebuah halaman postingan sobat mempunyai PR yang lebih tinggi daripada index page blog anda (padahal mah sebenernya bingung abiss.. ASLI!!).

Katanya, untuk ngebangun PR sobat perlu link. Ya, link bener-bener jadi dewa kali ini.

Si Google, si search engine besar ini, menganggap penting sebuah situs/blog — misalkan saja blog A– ketika banyak blog lainnya memberikan link yang mengarah ke blog A tersebut.

Contoh, blog A mempunyai banyak backlink. Semakin banyak backlink, semakin besar pula kemungkinan Google akan memberi Page Rank yang tinggi.

Dan katanya lagi, Google membagi page rank dalam 12 level. Dimulai dari No page rank, page rank 0, page rank 1, sampai yang paling tinggi : page rank 10.

Coba lihat ilustrasi dibawah ;

googlepagerank

Ok, anggap aja semua smiley adalah situs-situs yang bertebaran di dunia web. Smiley paling besar yang berwarna kuning adalah Google.

Semua situs memberikan link ke Google, dan inilah yang menyebabkan Google menjadi semakin besar dan mempunyai page rank yang semakin tinggi. Smiley hijau yang agak kecil adalah situs-situs baru yang belum sama sekali mempunyai backlink, sehingga mereka ini belum ber-page rank.

Smiley besar yang kuning, Google, memberikan link ke smiley merah. Smiley merah ini adalah situs yang tidak mempunyai backlink dari situs lain. Meskipun begitu, situs ini tetap memiliki page rank yang lebih tinggi karena mempunyai backlink dari sebuah situs yang ber-page rank sangat tinggi.

Lanjut ke Smiley berwarna biru, dia mempunyai page rank yang relatif tinggi karena banyaknya situs, baik yang belum ber-PR maupun sudah ber-PR, yang memberi link kepadanya. Ketika dia memberikan link ke situs yang lain, maka situs yang di-link pun akan memperoleh kesempatan untuk ber-PR lebih tinggi. Hal ini terjadi pada image smiley berwarna merah dan hijau yang ditunjuk oleh smiley biru.

Nah, tadi itu sekedar sedikit informasi tentang dasar Google page rank. Kalau sobat bingung.. umh, terus terang saya juga.. maklum, karena masih bener2 newbie yang baru belajar.. wong PR blog ini aja masih 0 kok.. hehehe..

Tapi lumayan kan bisa menambah referensi mengenai Google Page

Kalau sobat ingin tahu berapa Page Rank sebuah situs/blog.. sobat bisa gunakan PRchecker tools.. cara penggunaannya cukup gampang.. tinggal masukkan URl situs/blog.. dan dalam hitungan detik.. PR akan muncul.

Oia, sobat juga harus tahu, mempunyai page rank yang tinggi tidak berarti bahwa sebuah situs/blog itu lebih baik. Karena hare gene (baca ; hari gini) seseorang bisa menggunakan uangnya untuk memperoleh banyak link sehingga mendapat PR yang tinggi.. umh..

Tapi memang, Google Page Rank masih menjadi dewa untuk berbisnis online dan semacamnya.

Nah, katanya lagi, di dunia per-blogging-an (hwalah!!), yang paling penting adalah menghasilkan postingan yang focus dan menjaga blog anda agar tetap berkualitas. Jika sudah demikian, page rank akan naik dengan sendirinya.

Yuks mari berdoa & berusaha supaya PR blog kita naik.. Amiiieeennn.

No comments:

Make Your Money to Easy

Get Your Money Start Now: Do you want $1000 Click Here:

Your Money Sell Link with By Test Link

Buy and sell Text Links